Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen

Main Article Content

Rahman Aziez Herdian
Cece Rakhmat
Suci Putri Lestari

Abstract

This study aims to determine the effect of partially and simultaneously the influence of location and service quality on customer satisfaction at Tasik Aquarium Stores. The method used in this research is descriptive research with quantitative methods. The sample issued is 100 respondents. The data collected consists of primary and secondary data. Data analysis in this study used multiple linear regression, assessment analysis, coefficient of determination analysis using SPSS version 25 software. The results showed that location and service quality simultaneously had a significant role on consumer satisfaction at Tasik Consumer Stores. Partially, the location and quality of service have a significant effect on consumer satisfaction at the Tasik Aquarium Store.

Article Details

How to Cite
Aziez Herdian, R., Rakhmat , C. ., & Suci Putri Lestari. (2022). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 43–48. https://doi.org/10.57151/jeko.v1i2.32
Section
Articles

References

Bagus Nyoman Udayana, I., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233.

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Fure, H. (2013). Lokasi,Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273–283. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2023/1609

Hasanuddin, M. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Harga Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Penjualan Logam Mulia Emas. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen UNSRAT, 4(1), 49–66.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Khasanah, I., & Pertiwi, O. D. (2010). Analysis of the Effect of Service Quality to the Consumer Satisfaction of St. St. Elisabeth Semarang IMROATUL. Jurnal Khasanah Pertiwi, 12(2), 117–124.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232–243. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.619

Mahira Hadi, Prasetyo, Nastiti, H. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan indihome. 2(1), 1267–1283.

Manampiring, A. S., Tumbuan, W. J. A. F., & Wenas, R. S. (2016). Analisis Produk, Harga, Lokasi, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kartu Kredit PT. Bank Mandiri tbk. Manado. Harga… 164 Jurnal EMBA, 4(2), 164–176.

Ningtiyas, T. S. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Pengiriman Barang. 2(1), 46–53.

Nurhanifah, A. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang, 3, 1–76.

Prasetio, A. (2012). Management Analysis Journal Pengaruh Kualitas Pelayanan dan harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 1(4), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj

Safavi et al. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasan konsumen kartu prabayar. Jurnal Manajemen, 13(1), 142–150.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.

Tarinda, R., & Zaini, A. (2018). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Scissors Barbershop Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 2016–2019. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/173/pdf

Wahyunita Sitinjak, Chusnu Syarifa Diah Kusuma, Andri Paulus Loe, Rachmatullaily Tinakartika Rinda, Winda Ayu Virginia, Anastasia Bernadin Dwi Mardiatmi, Rabiyatul Jasiyah, Poniasih Lelawatty, Abel Haryanto, Popy Novita Pasaribu, Acai Sudirman, Sitti Muja, S. I. (2022). Pengantar Bisnis (Konsep E-Marketing). In Hartini (Ed.), Media Sains Indonesia (1st ed.).

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286